Airbus bersenang-senang dengan desain untuk versi terbaru dari pesawat transportasi BelugaXL.

Tipe baru BelugaXL (Airbus A330-700L) diresmikan di Toulouse, Prancis, awal pekan ini dengan pengerjaan cat yang spesial.

Pesawat itu dicat dengan desain mirip ikan paus Beluga, termasuk kerucut hidung bergaya paus, mata biru berkilau dan mulut tersenyum.

Airbus mencuit gambar makeover jet transporter ukuran super besar ini bersama dengan judul, “Whale hello there! Introducing the new BelugaXL dressed up in its livery for the first time”!


Desain paus yang tersenyum dipilih oleh staf Airbus setelah pemungutan suara di mana 20.000 karyawan diberi enam opsi dan diminta untuk memilih favorit mereka. Dengan 40% suara, itu adalah pemenang yang jelas.

Pesawat ini sebenarnya adalah kelanjutan dari tipe A330-200, yang kemudian dikenal sebagai “Beluga” karena kemiripannya dengan paus putih Arctic.

BelugaXL

Pesawat-pesawat ini digunakan untuk membawa parts untuk semua pesawat Airbus ‘dari lokasi manufaktur di seluruh Eropa ke fasilitas perakitan akhir di Toulouse, Hamburg atau Tianjin.

Pesawat asli telah beroperasi sejak tahun 1994, namun Airbus meluncurkan program untuk membangun versi baru dengan modifikasi dan dimensi yang sama pada tahun 2014.

“Kebutuhan untuk Beluga baru datang dengan peningkatan tingkat produksi dan untuk mendapatkan kapasitas tambahan di atas armada lima pesawat ini,” kata Stephane Gosselin, kepala Airbus Transport International.

“Jadi awalnya akan ada penggunaan armada campuran antara Beluga baru dan Beluga lama. Dan kemudian kebutuhan kedua juga untuk mengantisipasi penggantian armada tua.”

Beluga asli dapat membawa sayap pesawat A340 atau bagian badan pesawat untuk A350, tetapi tidak cukup besar untuk mengangkut banyak bagian super jumbo A380.

BelugaXL berukuran enam meter lebih panjang dan satu meter lebih lebar, menawarkan kapasitas 30% lebih banyak.

BelugaXL juga dapat mengangkat kapasitas enam ton lebih berat daripada model saat ini.

Ini berarti jet baru ini dapat mengakut kedua sayap untuk A350, sedangkan Beluga hanya dapat membawa satu sayap untuk satu kali perjalanan.

Pesawat ini akan melakukan tes sebelum melakukan penerbangan pertamanya akhir tahun ini. BelugaXL akan secara resmi beroperasi pada tahun 2019.