Superstar basket LeBron James telah menandatangani kontrak empat tahun senilai $ 154 juta untuk bergabung dengan Los Angeles Lakers, agensinya, Klutch Sports Group, mengumumkan hari Minggu malam (Senin pagi WIB).

LeBron James tidak memperpanjang kontraknya pada hari Jumat dengan Cleveland Cavaliers, tim yang ia pimpin masuk ke final keempat NBA tahun ini, hanya untuk disapu bersih oleh Golden State Warriors dalam empat pertandingan.

LeBron James

Beberapa orang memang mengharapkan ia pindah ke Los Angeles, di mana LeBron yang memang penduduk asli Ohio memiliki dua rumah di LA. Pengumuman itu datang pada hari pertama free agent.

LeBron James, 33, adalah Most Valuable Player NBA sebanyak 4 kali dan bisa dibilang pemain paling dominan di liga NBA saat ini.

Jika LeBron James memenangkan gelar NBA dengan Lakers, ia akan bergabung dengan Robert Horry (Rockets, Lakers dan Spurs) dan John Salley (Pistons, Bulls and Lakers) sebagai satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangkan gelar dengan tiga tim berbeda. James menang dengan Heat (2012, 2013) dan Cavaliers (2016).

James meninggalkan tim kampung halamannya sebagai free agent untuk kedua kalinya dalam karirnya. Empat tahun lalu, James telah menyatakan niatnya untuk mengakhiri karirnya bersama Cleveland Cavaliers.

James mengucapkan terima kasih kepada Cleveland lewat Instagram Story. Dia menulis dalam teks overlaying foto dari pawai kemenangan gelar NBA untuk Cavaliers di tahun 2016, “Terima kasih Northeast Ohio untuk 4 musim yang luar biasa. Ini akan selalu ada di rumah.”

LeBron James telah memenangkan penghargaan MVP dengan Cavaliers (2) dan Heat (2). Tidak ada atlet dalam sejarah NBA, NFL, NHL atau MLB yang bisa memenangkan penghargaan MVP dengan tiga tim berbeda.

Jika 2017-18 adalah musim terakhirnya di Cleveland, bermain di semua 82 pertandingan untuk pertama kalinya dalam 15 tahun karirnya dan menutupnya dengan kinerja postseason yang dominan seperti setiap playoff yang pernah dilakukan James.

Dia bergabung dengan NBA pada tahun 2003 sebagai first round pick oleh Cleveland.

Namun ia mengejutkan penggemar pada tahun 2010 dengan pergi ke Miami, di mana ia memenangkan kejuaraan pertamanya dengan Heat pada tahun 2012.

Dua tahun kemudian, ia kembali ke Cavs. Dan pada Juni 2016, mereka mengalahkan Golden State Warriors 93-89 dalam Game 7 yang menentukan untuk memenangkan Kejuaraan NBA. Penampilannya membuatnya mendapatkan gelar MVP dengan suara bulat.

Kemenangan itu adalah kejuaraan olahraga besar pertama untuk tim Cleveland sejak 1964.

Lakers belum pernah mencapai playoff lagi dalam waktu lima tahun belakangan.