Semua orang pasti akan menghadapi yang namanya persiapan nikah apalagi yang udah punya pasangan. Biasanya orang memiliki kendala masalah keuangan untuk menggelar sebuah pesta pernikahan dan banyak orang tidak berpikir bahwa dengan gaji pas-pasan ternyata bisa menggelar sebuah pernikahan. Caranya sangat mudah kok hanya lewat menanbung, berikut ini tips nabung buat nikah yang bisa kalian lakukan.

1. Tips nabung buat nikah dengan membuat tabungan khusus untuk menikah.

Tips Nabung Buat Nikah Walaupun Gaji Kalian Pas-Pasan - Night-Butterfly

Untuk menggelar sebuah pernikahan kalian harus memiliki tabungan khusus untuk menikah yang bukan hanya dimiliki oleh kalian tetapi pacar kalian aja. Dengan begini tekad dan komitmen kalian bisa makin kuat, cara ini juga terbilang jitu supaya kalain nggak boros dan tabungan pernikahan bisa aman. Jika ingin tabungan kalian  lebih terjaga dan supaya nggak terkuras untuk membeli ini itu, kalian bisa memasukannya ke dalam deposito dengan jangka waktu tertentu.

2. Menyisihkan uang 15% dari gaji kalian.

Tips Nabung Buat Nikah Walaupun Gaji Kalian Pas-Pasan - Night-Butterfly

Komitmen untuk menyisihkan 15 persen dari gaji penting untuk dilakukan. Dengan menentukan besaran pasti tiap bulan, Kalian memiliki gambaran rencana menikah di masa depan. Menabung 15 persen dari uang gaji gak akan terasa berat kok. Bahkan, jika dikumpulkan dalam tiga tahun kalian bisa menggunakannya untuk sewa gedung dan bayar katering.

3. Tips nabung buat nikah, nggak harus pacaran di mall.

Tips Nabung Buat Nikah Walaupun Gaji Kalian Pas-Pasan - Night-Butterfly

Supaya bisa menekan pengeluaran, mulai sekarang lakukan pacaran hemat dengan pasangan. Nggak perlu deh, makan romatis di restoran mahal kalo bisa masak dan makan bareng pasangan di rumah.

4. Bawalah bekal makanan ke tempat kerja untuk menghemat.

Tips Nabung Buat Nikah Walaupun Gaji Kalian Pas-Pasan - Night-Butterfly

Tentunya pasti kita akan melakukan pengeluaran ketika sedang berkerja entah itu ongkos bensin, makan siang ataupun cemilan-cemilan. Kebiasaan membawa bekal makanan di kantor bisa menghemat pengeluaran. Bahkan, kalian juga bisa membuatkan pasangan bekal yang sama sehingga dia juga bisa ikut berhemat.

5. Menyiapkan toples khusus sebagai budget untu kencan.

Tips Nabung Buat Nikah Walaupun Gaji Kalian Pas-Pasan - Night-Butterfly

Apakah kalian dan pasangan memiliki anggaran untuk kencan selama sebulan? Nah, karena kamu sudah mencoba pacaran hemat seperti poin nomor tiga, maka kamu bisa menabung budget kencan ini. Masukkan saja ke dalam toples yang digembok. Uang yang terkumpul selama tiga tahun bakalan cukup kok mengcover biaya sewa baju pengantin dan keluarga, cetak undangan dan cinderamata.

6. Bikin Prewedding sendiri.

Tips Nabung Buat Nikah Walaupun Gaji Kalian Pas-Pasan - Night-Butterfly

Foto pre-wedding sebenarnya tak wajib ada di acara pernikahan. Jika kalian tetap ingin menggunakan foto pre-wedding tapi tetap bisa memangkas pengeluaran, kalian bisa mengumpulkan foto lawas dengan pasangan dari mulai awal jadian hingga nanti ketika akan menikah. Percaya deh, foto kalian justru makin terasa apik karena penuh kenangan.

7. Manfaatkan teman dekat untuk membantu dekorasi

Tips Nabung Buat Nikah Walaupun Gaji Kalian Pas-Pasan - Night-Butterfly

Dekorasi pesta tentu wajib supaya pestamu makin meriah. Namun, kalian masih bisa memangkas dananya kok. Daripada menyewa wedding organizer (WO), kalian bisa mengajak para teman dekat untuk menjadi tim WO-WOan. Bahkan, kalian dan teman-teman bisa mengkoordinasikan bahan baku termurah yang bisa digunakan sebagai dekorasi.