Uniqlo akhirnya menjadi sponsor resmi Roger Federer di turnamen Wimbledon, mengakhiri kemitraannya dengan Nike selama 14 tahun.

Roger Federer mengakhiri desas-desus dengan cara yang hanya bisa dilakukan oleh seorang bintang tenis sederhana. Setelah berminggu-minggu gosip yang belum jelas bahwa ia telah pindah dari sponsor lamanya, Nike, ke Uniqlo, Federer muncul untuk konferensi persnya di Wimbledon dengan kotak merah kecil yang bertuliskan “Uniqlo” di dadanya, tempat kita biasa melihat sebuah logo Swoosh. Untuk pertama kalinya sejak 1994, pria paling bergaya di dunia tenis ini akan bermain dengan merek baru.

Uniqlo

Dan di turnamen Wimbledon, Federer telah memilih event ini untuk memulai karir dengan pakaian baru. Seragam serba putih yang diharuskan oleh Wimbledon adalah gaya yang menonjol di sirkuit tenis turnamen besar. Dan seragam baru itu adalah: polo atipikal dengan kerah “berdiri”, dan garis merah Uniqlo di bagian bawah panel depan. Baju ini dirancang bukan oleh staf desainer tanpa nama, tapi oleh desainer bersahaja, Christophe Lemaire. Untuk saat ini, brand asal Jepang itu menegaskan bahwa Federer hanya akan memakai merek untuk turnamen ini dan kompetisi yang tersisa tahun ini. Tapi kata-kata dalam siaran pers mengisyaratkan kemitraan yang jauh lebih luas: “Meskipun menghormati standar baru yang mereka atur bersama, Uniqlo bukan perusahaan olahraga,” bunyi siaran pers itu. “Uniqlo menggambarkan dirinya sebagai perusahaan kehidupan yang menciptakan LifeWear … dengan pengumuman hari ini, LifeWear memiliki juara baru.”

Uniqlo tidak merilis isi kontrak secara spesifik, tetapi dikabarkan bahwa kesepakatan itu bernilai $300 juta dan akan berjalan selama lebih dari 10 tahun. Jangka waktu kemitraan itu mungkin akan melampaui karir tenis Federer. Kesepakatan dengan Federer ini bukan hanya tentang olahraga. Brand ini tidak diragukan lagi ingin menggunakan Federer dan reputasinya sebagai salah satu orang paling bergaya di dunia untuk menjual lebih dari sekadar kaos polos dan celana pendek bagi pelanggan untuk bermain tenis — terutama di dunia fashion yang baru ini di mana activewear bisa digunakan untuk pakaian sehari-hari.

Uniqlo memanfaatkan keinginan banyak orang yang mengidolakan Federer. Karena sementara mereka tidak akan bisa bermain seperti dia, mungkin sekarang mereka setidaknya bisa berpakaian seperti dia.